Kenali Ciri Lingkungan yang Sehat

Kenali Ciri Lingkungan yang Sehat

Kenali Ciri Lingkungan yang Sehat – Saat ini sudah semakin banyak orang yang sangat senang untuk menjaga dan merawat lingkungan yang ada di sekitar kita. Lingkungan merupakan tempat tinggal manusia. Manusia memanfaatkan sejumlah komponen yang dimiliki lingkungan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, kondisi lingkungan sangatlah berpengaruh kepada kualitas hidup seorang individu. Untuk itu, manusia perlu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat

1. Memiliki Kualitas Udara yang Bersih
Udara merupakan komponen abiotik lingkungan yang mempengaruhi kesehatan dari tubuh manusia. Oleh karena itu, kebersihan udara menjadi salah satu faktor pengukur sehat tidaknya suatu lingkungan.
Bersihnya udara pada lingkungan yang sehat disebabkan oleh minimnya polusi pada lingkungan tersebut. Ini menyebabkan terjaganya kondisi udara di sekitarnya.

2. Memiliki Sumber Air Bersih
Selain udara, air merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan dari suatu lingkungan. Apabila dalam suatu lingkungan ina-newsagency tidak ditemukan sumber air bersih, makhluk hidup yang ada di sekitarnya akan hidup tidak sehat karena mengonsumsi air yang kurang bersih.

Sumber air bersih bisa didapatkan dengan cara menggali sumur hingga kedalaman tertentu. Apabila air sumur tidak berwarna dan tidak beraroma, dapat dipastikan bahwa kualitas airnya cukup bersih dan aman untuk digunakan.

3. Mempunyai Lahan Hijau
Lahan hijau adalah suatu wilayah atau area yang ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang. Dengan adanya pohon-pohon ini akan mencegah pencemaran udara terjadi beserta bencana alam lainnya.
Tak hanya itu, adanya lahan hijau juga akan berdampak pada keasrian dan kesejukan dari suatu lingkungan.

4. Mempunyai Sistem Pembuangan Sampah yang Baik
Sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang dapat menjadi tolak ukur kesehatan dari suatu lingkungan. Penumpukan sampah akan berpotensi menjadi sumber penyakit.
Selain itu, penumpukan sampah juga akan menimbulkan bau tidak sedap sehingga orang-orang akan terganggu. Oleh karena itu, sistem pembuangan sampah perlu diperhatikan.

Sistem pembuangan sampah yang baik adalah suatu sistem yang mencegah penumpukan sampah di area-area tertentu, seperti selokan, sungai, dan sebagainya. Sistem pembuangan sampah yang baik juga memerhatikan proses pemilahan sampah menjadi dua jenis, yakni sampah organik dan nonorganik.